SQL Server 2008‎ > ‎

Pengolahan Data Spasial (Spatial Data)

Data spasial adalah data yang berkaitan dengan bidang dan ruang seperti lokasi / titik koordinat, posisi, jarak, luas area, dan lain sebagainya. Data spasial dewasa ini menjadi semakin penting peranannya dalam berbagai bidang.

Dengan makin lengkapnya data lokasi pelayanan publik seperti rumah sakit, pasar, bank, atm, kantor polisi, kantor pos, bank, perusahaan,  dan lain-lain akan dapat dimanfaatkan untuk memberi nilai tambah pada berbagai survei dan analisa di dalam maupun di luar sistem GIS (Geographical Information System) khusus. Dengan demikian kebutuhan akan data spasial ini semakin hari semakin luas.

SQL Server 2008 telah mendukung penyimpanan dan pengolahan data spasial untuk kepentingan tersebut tanpa tambahan plugin maupun add-on, dalam bentuk tipe data geometry dan geography. Dan yang lebih menarik, semua edisi SQL Server 2008 mendukung tipe tersebut termasuk express edition.

Bagian berikut akan berisi banyak tips yang membahas penggunaan fitur spasial tersebut.

Tipe Data Geometry & Geography

posted Jul 27, 2011, 6:39 AM by Webmaster BelajarSQL.com   [ updated Aug 31, 2011, 7:53 PM ]

Tipe data spatial pada SQL Server 2008 ada dua, yaitu Geometry dan Geography. Geometry mewakili bidang datar 2 dimensi (planar) sedangkan Geography mewakili bidang ruang bola 3 dimensi (spheroid).

Kedua tipe perlu sangat penting diperlakukan secara tersendiri karena berbagai perhitungan seperti jarak dan luas area antara kedua bidang tersebut sangat berbeda. Sebagai contoh luas area dari lingkar bumi sebesar satu derajat dekat khatulistiwa / ekuator tentunya jauh lebih luas dibandingkan yang mendekati kutub. Pada area planar luas satu derajat adalah sama pada  berbagai titik pada bidang lingkaran yang sama.

[Catatan : Artikel ini masih dalam pengembangan yang intensif, mengingat kepentingan penganalisaan data terkini yang terkait data ruang menjadi semakin penting]

1-1 of 1